cara jadi aupair

Cara Jadi Aupair / Daftar Aupair Tanpa Agen [ STEP BY STEP ]

Cara menjadi aupair dengan jalur mandiri ini dengan cara mendaftar aupair langsung ke calon host familiy melalui sebuah perantara website penyalur aupair.
Tanpa perantara! Tanpa agen! Secara personal akan langsung interview dengan calon host family!

Kenapa tanpa agen?

Alasan finansial, karena biaya yang harus dibayarkan pada umumnya relatif mahal hingga puluhan juta! sedangkan kita mengambil jalur aupair buat ke Eropa juga kebanyakan karena alasan finansial!

Kemudian banyak sekali yang menanyakan, Apakah kesempatan atau lowongan sebagai aupair itu selalu ada?

PASTI dan AKAN SELALU ADA!

Untuk ke Jerman misalnya, baru saja saya mengecek jumlah lowongan/kesempatan sebagai aupair melalui website penyalur yang terpercaya, ada 166 keluarga Jerman yang membutuhkan aupair dari Indonesia dari total 8771 kesempatan/lowongan aupair.

cara jadi aupair
capture by www.aupairworld.com

Begini Cara Jadi Aupair / Daftar Aupair Tanpa Agen Step by Step!

STEP 1: BUAT AKU DI WEBSITE PERANTARA AUPAIR DAN HOST FAMILY
Saya sangat merekomendasikan www.aupairworld.com karena website ini sangat terpercaya dan sering digunakan oleh seluruh orang di dunia, termasuk banyak orang Indonesia yang sukses melalui website ini.
Tidak hanya ke Jerman, bisa juga ke negara lain.
buat akun dan mulai tentukan negara tujuannya, seperti Norway, Perancis, Belanda, Swedia atau negara lain!
Kenapa daftar akun dahulu?
Karena banyak juga yang berbulan – bulan bahkan lebih dari 1 tahun baru mendapatkan host family!

TIPS and TRICK!
Tips 1: Sertakan foto anda sedang bersama anak kecil dan saling tersenyum tertawa bermain bersama. Pastikan informasi dan prodil anda sejujur dan seramah mungkin!
Tips 2: Gunakan bahasa inggris jika memang belum bisa bahasa negara tujuan! kalau pakai bahasa negara tujuan, bisa minta tolong koreksi ke guru les bahasa. Kalau tujuannya ke Jerman bisa juga kirim email ke saya, nanti saya bantu koreksi. gratis.
Tips 3: Aktif seleksi keluarga yang cocok dan kirim pesan ke calon host family segera dan sebanyak mungkin (maks.10-15 pesan perhari agar tidak dianggap spamming). Kenapa demikian? Karena banyak juga yang baru mendapat host family hingga berbulan-bulan bahkan lebih dari 1 tahun dari pengalaman yang sudah-sudah. Keep fighting jangan mudah menyerah!
Tips 4: Pastikan keluarga yang kamu pilih adalah yang benar-benar cocok dengan kriteriamu! Jumlah anak di keluarga tersebut, lokasi tempat tinggal mereka! Jangan karena putus asa akhirnya sembarang mengajukan penawaran tapi pada akhirnya kamu sendiri tidak mampu menjalaninya!
Tips 5: Semakin sedikit anak semakin baik! karena itu akan menjadi tugas pokokmu disana! Menemani mereka!

TIPS Cara Memilih Host Family selengkapnya nanti saya bahas di artikel selanjutnya!

ACHTUNG!

  • 1.ACHTUNG: Hati-hati dalam memilih keluarga pada website perantara tersebut. Karena banyak juga akun palsu dengan tujuan penipuan.
  • 2.ACHTUNG: Ciri-ciri akun palsu/penipuan adalah biasanya mereka akan meminta kita untuk membayar sejumlah uang, entah besar maupun kecil.
  • Sudah bisa dipastikan itu penipuan, karena pada dasarnya pendaftaran melalui website ini adalah GRATIS! Sudah banyak pengalaman yang tertipu seperti ini! Hostfamily asli tidak akan pernah meminta Paspor, apalagi uang!
  • 3.ACHTUNG: Orang Indonesia tidak boleh menjadi aupair di beberapa negara seperti Amerika, Inggris dan Australia(australia mungkin bisa dengan work and travel visa). Penawaran aupair dari negara-negara tersebut juga sebuah sinyal kalau tawaran itu adalah penipuan!
  • 4.ACHTUNG: Kalian bisa jadi juga akan mendapatkan tawaran iming-iming menggiurkan entah dari salah satu akun di website tersebut atau langsung melalui email kalian. ACHTUNG! Ini adalah PENIPUAN!
  • Tawaran menggiurkan ini seperti GAJI yang tinggi dan LIBURAN KELUAR NEGERI, BERSALJU yang akan membuat anda untuk susah menolaknya.
  • Standar di Jerman gaji/uang saku aupair itu 260€ per bulan atau sekitar IDR 4.200.000 an.
  • Mereka mencari aupair juga karena alasan biaya di negara mereka untuk membayar penjaga anak itu sangat mahal, tidak mungkin mereka akan membayar mahal! Meskipun ada keluarga baik yang ngasih lebih, tapi tidak dibicarakan diawal, biasanya spontan kalau kita juga baik ketika sama mereka!

STEP 2: BELAJAR BAHASA NEGARA TUJUAN
Ini penting, karena menjadi syarat wajib pembuatan visa.
Baca Juga: Syarat dan Cara Pengajuan Visa!
Seperti aupair di Jerman, kita harus mempunyai sertifikat bahasa jerman A1(Level dasar) dari Goethe Institut.
Baca Juga: Cara mendapatkan Sertifikat A1 dari Goethe Institut!
Setiap negara mempunyai syarat bahasa masing-masing tergantung peraturan negara setempat.
Belajar bahasa sendiri bisa melalui buku, internet, youtube atau aplikasi HP setiap saat. Tapi saya sangat merekomendasikan untuk ambil kursus bahasa! Karena akan sangat membantu dan mempercepat belajar untuk persiapan ujian sertifikat bahasa yang di syaratkan! Tidak harus kursus di tempat mahal!

  • TIPS 1: Rajin belajar kosakata, hafalkan! level dasar kuncinya di kosakata!
  • TIPS 2: Kursus bisa di Guru Bahasa Jerman di SMA. Akan sangat menekan biaya kursus bahasa!
  • TIPS 3: Minta ke guru kursus bahasa agar kursusnya beorientasi persiapan ujian A1 Goethe Institut kalau yang tujuan negaranya mensyaratkan bahasa Jerman.
  • TIPS 4: Belajar otodidak melalui internet dan buku kalau belum ada uang untuk kursus, sambil menabung! Jangan malas!
  • TIPS 5: Rajin-rajin download soal latihan ujian Sertifikat A1 langsung dari situs resminya Goethe Institut! Pelajari ! jangan cuma buat menuhin memory doang!
  • TIPS 6: Opsi lain juga bisa melalui website nya Deutsche Welle(DW). Disana kamu bisa melihat dan mendengarkan berita, ada platform khusus untuk belajar bahasa Jerman, lengkap untuk latihan menulis, membaca, mendengar dan grammar!

Baca Juga: Tips Belajar Bahasa Jerman dari dasar untuk pemula!

STEP 3: PEMBUATAN PASPOR
Kenapa saya menyarankan pembuatan paspor sedini mungkin?
ALASAN 1: Karena untuk mengantisipasi kalau kita dapat host family dalam waktu yang singkat, jadi kita bisa segera mungkin menyiapkan berkas pengajuan visa.
Pengalaman aku sendiri pernah kehilangan kesempatan ini karena berkas pengajuan visaku belum lengkap!
Pun juga belajar bahasa negara tujuan harus dilakukan sedini mungkin karena memang syarat dalam pengajuan visa, sedangkan proses tes dan pengumuman hasil tesnya membutuhkan waktu hitungan bulan! bukan minggu!
ALASAN 2: Karena pada dasarnya paspor itu adalah identitas internasional kita! Jadi sebaiknya kita punya paspor dalam kondisi apapun! Kali aja mau liburan ke Malaysia, Singapura, Australia, Korea, yang kadang banyak penawaran tiket murah untuk berlibur kesana.
Baca Juga: Tips Mendapatkan Tiket Promo Luar Negeri dan Diskon Hingga 25%!

TIPS : Saat pembuatan paspor akan ditanya untuk tujuan apa?(Pertanyaan formalitas!)
Jawab saja untuk keperluan studi atau liburan ke luar negeri! Karena kalau bilang untuk program aupair, terkadang sedikit di persulit karena mereka jarang yang paham tentang apa itu aupair!

STEP 4: UJIAN SERTIFIKAT BAHASA JERMAN A1 GOETHE INSTITUT
Untuk ujian bahasa ini menyesuaikan dengan persyaratan aupair dan persyaratan visa negara tujuan ya. Beda-beda.
Lihat juga masa berlaku sertifikat bahasa yang dituju!
Kalau masa berlaku sertifikat bahasa pendek dan belum dapat host family, bisa dipertimbangkan dulu rasio kemungkinannya.
Untuk Sertifikat Goethe Institut sendiri kalau tidak salah masa berlakunya panjang jadi lebih cepat lebih baik!
Baca Juga: Tips LULUS Ujian Bahasa di Goethe Institut dalam 2-3 Minggu!

STEP 5: WAWANCARA DENGAN HOST FAMILY
Setelah ada calon host family yang tertarik dengan kita, mereka pasti akan minta videocall via whatsapp, skype, zoom, atau cara lain untuk saling meyakinkan antara kamu sebagai calon Aupair dan mereka calon host family.
Setelah melakukan Interview, nanti mereka akan memberi tahu kapan kalian akan diberi keputusan apakah mereka mau menerima kalian sebagai aupair atau tidak.
Pun juga kalian berhak menolak jika memang kalian juga tidak cocok dengan mereka! Tapi please jangan jual mahal! 😀
Apabila dalam kurun waktu yang sudah mereka tentukan belum juga memberi kabar, kalian harus aktif menanyakan kembali ke mereka!
Kalau di terima, kalian bisa lanjut ke STEP selanjutnya, kalau tidak, kalian akan balik lagi ke STEP 1 tadi, hunting host family. 😀

  • TIPS 1: Wawancara ini bersifat non formal, bukan seperti wawancara di perusahaan. Mohon berpakaian yang tidak terlalu formal!
  • TIPS 2: Pakaian non formal bukan berarti tidak rapi! Pastikan dengan tampilan casual, santai tapi rapih! serapih mungkin. First impression kalian disini akan menentukan mimpi kalian ke negara tujuan yang duah di impikan!
  • TIPS 3: Usahakan seramah mungkin! Perbanyak senyum dan jangan nervous! Kalau ada adik masih kecil bisa diikutsertakan nongol di interview, atau pinjem anak tetangga, kekeke….
  • TIPS 4: Jujur dan dapat di percaya! Ini bukan bagian dari dasa darma pramuka saja! Tapi kejujuran adalah hal terpenting dalam wawancara ini, karena kalian akan tinggal bersama berbulan-bulan. Berbohong adalah awal permasalahan berat yang bakal kalian hadapi nanti disana.

Step ini sebenarnya sifatnya tidak pasti di STEP 5, tergantung seberapa cepat kalian dapat respon dan permintaan wawancara langsung dengan host family.
Bisa jadi di STEP 2 kalau kamu beruntung beberapa hari/minggu setelah daftar akun, ada yang cocok dengan profil kalian.
Atau malah jadi STEP paling belakang sebelum pengajuan visa kalau memang kurang beruntung lama dapat hos family.

STEP 6: PEMBUATAN KONTRAK AUPAIR DAN ASURANSI KESEHATAN
Pembuatan kontrak dan asuransi ini tanggungan dari host family semua! Akan tetapi kita perlu membantu memberikan informasi kita yang akan tertuang dalam kontrak aupair dan asuransi kesehatan kita.

ACHTUNG!

  • 1.ACHTUNG: Baca terlebih dahulu peraturan resmi dari pemerintah negara tujuan terkait aupair tersebut. Saya sudah terjemahkan detail VALID, RINGKAS dan LENGKAP di sini: PEDOMAN AUPAIR DI JERMAN!
  • 2.ACHTUNG: Jika dalam kontrak ada yang menyalahi peraturan PEDOMAN AUPAIR DI JERMAN tersebut. Jangan sungkan-sungkan untuk memperbaikinya sesuai dengan kontrak tersebut. Karena banyak oknum host family yang sengaja menyalahi aturan tersebut dalam kontrak dengan tujuan menekan biaya yang dikeluarkan nantinya.
  • 3.ACHTUNG: Jika dikontrak tertuang: kalian tinggal di apartemen terpisah dengan hos family dan tidak serumah dengan mereka. Secara teoritis menurutku tidak masalah, ini benefit buat kalian! Justru kalian akan lebih bebas dan santai kalau tidak serumah dengan host family. banyak yang terjadi seperti ini. Tapi ACHTUNG! untuk di dalam kontrak mohon minta ke host family agar ditulis “kalian diberi kamar pribadi serumah dengan mereka!” Jangan tertulis tinggal TERPISAH dengan mereka! Dengan alasan saat PENGAJUAN VISA nanti akan di tolak karena itu menyalahi aturan PEDOMAN AUPAIR DI JERMAN tadi!
  • TIPS: Jangan sungkan untuk berkonsultasi soal ini kepada teman yang sudah di Jerman, guru les bahasa jerman yang paham, atau bisa juga kalian konsultasikan ke saya. Saya bantu sebisa mungkin pas ada waktu. silahkan tulis di kolom komentar atau tulis pesan!
  • TIPS 2: Minta Host family untuk mengirim berkas secepat mungkin, melalui post/dhl kilat misalnya.
  • Atau dititipkan ke orang indonesia di jerman yang mau pulang! Kabari kalau butuh bantuan, nanti bisa aku carikan info untuk ini!

STEP 7: BUAT TERMIN UNTUK PERMOHONAN VISA DI WEBSITE RESMI KEDUBES JERMAN
Pastikan Dokumen Pengajuan Visa kalian sudah lengkap!
Buat termin/janji sesegera mungkin setelah kepastian kelengkapan dokumen bisa kalian pegang pada waktu janji yang akan diajukan!
Pembuatan termin ini gampang dan cepat, melalui website pembuatan termin pengajuan visa, masalahnya adalah antrian yang begitu panjang karena banyak yang mengajukan.
Oleh karena itu lakukan sesegera mungkin ketika semua sudah lengkap dan pasti!

TIPS: Sering terjadi ketika pengiriman kontrak dari host family ke kita lama, tapi kita sudah tau estimasi sampainya berkas itu di Indonesia kapan. Buat termin langsung setelah tanggal pasti berkas itu sampai di kalian! Jangan menunggu berkas sampai, baru buat termin dengan kedutaan Jerman! Karena bisa jadi 2-3 bulan setelahnya kalian baru dapat termin kosong! Dan bisa jadi host family mu tidak bisa menunggu begitu lama! Harus waspada dan sesigap mungkin distep ini!

STEP 8: MEMBUAT ASURANSI PERJALANAN
Sekarang sebagai syarat pengajuan visa, diwajibkan pemohon untuk melampirkan asuransi perjalanan! Tidak mahal dan cepat prosesnya! Jika ditempat yang tepat bikinnya. Bisa saya bantu juga untuk hal ini jika ada yang butuh info detailnya.

STEP 9: PROSES APLY VISA DI KEDUBES JERMAN DI JAKARTA
Pastikan kalian sudah mempersiapkan semua dokumen lengkap dengan teliti! Jangan sampai ada yang ketinggalan atau salah – salah! Jangan lupa latihan interview untuk proses ini.

TIPS: Untuk dokumen formulir dan berkas-berkas mohon jangan cuma bawa sesuai dengan yang disyaratkan! Pastikan kalian bawa rangkap 2, 3 atau 4 untuk jaga-jaga ada dokumen yang salah tulis atau rusak! Disana tidak ada fotokopian. Kalian harus berjalan jauh untuk dapat tukang print/fotokopian dan mungkin paling dekat ada di hotel sebrang Kedubes Jerman, tapi sangat mahal!

Proses permohonan visa aupair tidak bisa diwakilkan dan harus datang sendiri ke Kedubes Jerman di Menteng, Jakarta Pusat.
Bagi yang dari luar Jakarta, silahkan di atur dan dipersiapkan dari jauh-jauh hari karena prosesnya bisa seharian penuh.

Datang tepat waktu! 15- 30 menit dari termin yang sudah dibuat harus sudah disanya!
Butuh waktu 3-4 jam dari awal proses antri masuk sampai selesai. Jadi pastikan beli tiket pulangnya jangan terlalu mepet untuk yang tinggal jauh dari Jakarta.
Waktu proses visa sendiri bisa 3 – 4 minggu terhitung setelah berkas diterima! Manfaatkan untuk memperlancar bahasa jerman! Cari informasi dan koneksi yang sudah tinggal dikota tempat tujuan kalian! Gabung ke Grup PPI Jerman, Grup Aupair Orang Indo, agar bisa berkonsultasi dan belajar dengan mereka tentang bagaimana hidup di Jerman. Pelajari kultur keseharian jerman di Youtube atau artikel-artikel terkait biar kalian tidak kaget!

STEP 10 BELI TIKET PESAWAT SETELAH VISA KELUAR!
Jangan ambil resiko beli tiket peswat sebelum visa disetujui! Karena biaya tiket sebenarnya tanggungan kita 100%.
Akan tetapi biasanya kita hanya bayar 50% dari harga tiket dan itupun bisa dicicil pembayarannya itu ke host family diambil dari gaji/uang saku bulanan kita nanti.
Kalau beruntung malah mereka biasanya bayarin 100% tiket kalian!

So, viel spaß buat kalian yang sedang berjuang! Jangan malas dan patah semangat ya!
Usaha tidak pernah menghianati hasil!
Sampai ketemu di JERMAN!
Toi Toi Toi!!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *